ikin12

Manusia dan Pandangan hidup

Posted on: Mei 10, 2012

Setiap manusia pasti memiliki Pandangan Hidup karena apabila seseorang tidak memiliki pandangan hidup dia tidak akan tahu apa arti hidupnya. Coba bayangkan saja apabila kita tidak mempunyai pandangan hidup untuk kita jalani kita akan seperti kapas yang berada di tengah lautan yang pergi kemana pun angin bertiup tanpa dia ketahui kemana ujung perejalannya. Pandangan hidup merupakan bagian dari manusia karena walaupun manusia memiliki tingkatan-tingkatan yang berbeda pasti dia memiliki pandangan hidup masing-masing.

Setiap individu-individu memiliki pandangan hidup yang berbeda. Sebenarnya pandangan hidup seseorang itu menggambarkan kepribadiannya sendiri. Contohnya ada seseorang memiliki pandangan hidup bahwa “HIDUP ADALAH PENGABDIAN DAN MATI ADALAH PERTANGGUNG JAWABAN” dari kalimat ini dapat kita terjemahkan bahwa dia akan menghabiskan waktu hidupnya untuk menolong orang lain dan membantu sesama dan dia tidak lupa pula bahwa semua yang dia lakukan akan kelak di pertanggungjawabkan setelah dia mati nanti. Jadi apa pandangan hidup anda?!!

Sumber pandangan hidup semua individu ada yang berbeda dan tidak sedikit pula yang sama. Kita ambil contoh di Islam misalnya, setiap muslim menjadikan sumber pandangan hidupnya dari Al’Qur’an

pandangan hidup setiap orang akan menentukan cara orang tersebut bertindak dan berperilaku di dalam kehidupannya. Hal ini akan mempengaruhi setiap langkah dan keputusan yang dipilihnya sehingga hal ini akan mempengaruhi cita-cita dan masa depannya. Agar kehidupan yang kita jalani ini berjalan dengan baik dan tercapainya keinginan kita akan cita-cita dan sesuatu yang kita dambakan maka cara pandang yang baik akan sangat membatu kita untuk mencapai semua itu. Untuk memiliki cara pandang yang baik dapat dilakukan dari awal atau biasa kita kenal dengan pembentukan mental dan karakter, dimana kita harus membentuk mental yang baik dan kuat sehingga karakter kita atau pun cara pandang  kita akan hidup ini akan menjadi baik dan akan membawa kebaikan dalam hidup kita.

Pembentukan pandangan hidup yang baik pun akan sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal seperti lingkungan sekitar kita yang dapat berdampak baik maupun buruk, tetapi apabila kita memiliki mental yang baik, maka faktor eksternal tersebut tidak akan terlalu banyak membawa dampak buruk pada cara pandang kita, bahkan bisa membawa lebih banyak lagi dampak positif. Sehingga kita dapat memiliki cara pandang hidup yang baik dan akan lebih mudah bagi kita untuk meraih cita-cita yang kita inginkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: