ikin12

Lari dari Tanggung Jawab

Posted on: Mei 24, 2012

 

Setiap manusia pasti mempunya tanggung jawab karena setiap tindakan manusia ada tanggung jawabnya . tetapi banyak sekali orang-orang yang lalai dari tanggung jawabnya. Makna dari istilah tanggung jawab adalah siap menerima kewajiban atau tugas. Arti tanggung jawab  semestinya sangat mudah untuk dimengerti oleh setiap orang. Tetapi jika kita diminta untuk melakukannya sesuai dengan definisi tanggung jawab tadi, maka seringkali masih merasa sulit, merasa keberatan, bahkan ada orang yang merasa tidak sanggup jika diberikan kepadanya suatu tanggung jawab. Kebanyakan orang mengelak bertanggung jawab, karena jauh lebih mudah untuk menghindari tanggung jawab, daripada menerima tanggung jawab.

Sebagian orang, karena tidak bisa memahami arti dari sebuah tanggung jawab seringkali dalam kehidupannya sangat menyukai pembelaan diri dengan kata-kata “itu bukan salah ku” Sudah terlalu banyak orang yang dengan sia-sia, menghabiskan waktunya untuk menghindari tanggung jawab dengan jalan menyalahkan orang lain, daripada mau menerima tanggung jawab, dan dengan berani menghadapi tantangan apapun di depannya.

sebagai mahasiswa tanggung jawab yang sering di lalaikan adalah bolos jam kuliah karena mereka pikir bolos itu bukanlah kesalahan besar padahal mereka dititipkan tanggung jawab oleh orang tua mereka untuk kuliah. Dan sebagai makhluk beragama kita sering kali tidak menjalankan ibadah padahal itu tanggung jawabnya terhadap Tuhan

mulai dari sekarang marilah kita untuk bertanggung jawab atas setiap perbuatan yang kita lakukan walaupun perbuatan itu adalah hal yang sepele karena setiap tanggung jawab yang diberikan kepada kita akan dipertanggung jawabkan oleh manusia didunia dan di akhirat berikut kutipan yang saya ambil dari sebuah hadist yang bisa menjadi renungan untuk kita semua

 

“Setiap orang dari kamu adalah pemimpin, dan kamu bertanggung jawab atas kepemimpinan itu”. (Al-Hadits, Shahih Bukhari – Muslim)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: