ikin12

Perubahan dan Perkembangan Organisasi

Posted on: Mei 13, 2013

Perubahan adalah beralihnya suatu kondisi ke kondisi yang lain. Perubahan organisasi biasanya akan mendapat tantangan dari anggota organisasi dimana perubahan itu akan dilakukan.
Sedangkan perkembangan adalah cara pendekatan terhadap perubahan yang berjangka panjang dan lebih luas ruang lingkupnya dengan tujuan untuk menggerakkan seluruh organisasi ke arah tingkat fungsional yang lebih tinggi. (Indrawijaya, 1989:203)

1. Faktor-faktor Perubahan Organisasi
a. Lingkungan intern, antara lain:
· Perubahan kebijakan pimpinan
· Perubahan tujuan
· Perluasan wilayah operasi tujuan
· Volume kegiatan bertambah banyak
· Sikap & perilaku dari para anggota organinsasi
· Peningkatan kebutuhan
· Ketidakpuasan kerja
· Produktivitas
· Sistem pengupahan dan perubahan organisasi

b. Lingkungan Ekstern
· Politik ; perang, krisis nilai & krisis kepemimpinan.
· Hukum
· Kebudayaan
· Pasar ; adanya merge & akuisasi yaitu kompetisi dalam dan luar negeri.
· Teknologi ; otomatisasi perkantoran & industri.
· Sumber Daya Alam
· Demografi ; usia, pendidikan, gender & migrasi.
· Sosiologi

c. Sikap organisasi dalam menghadapi terjadinya perubahan yaitu :
o Mengadakan perubahan struktur organisasi.
o Mengubah sikap & perilaku pegawai.
o Mengubah tata aliran kerja.
o Mengubah peralatan kerja.
o Mengubah prosedure kerja.
o Mengadakan perubahan dalam hubungan kerja antar personel.

2. Proses Perubahan Organisasi
a. Mengadakan pengkajian, yaitu pada organisasi pasti memiliki dampak untuk perubahan baik positif atau negatif. Jika bersifat negative maka harus di koreksi seberapa besar dan apa yang menjadi kenegatifan dalam perubahan tersebut. Sehingga jika terjadi kasus yang sama hal negative itu tidak muncul lagi. Bila berdampak positif, maka perubahan itu dapat memperlancar kegiatan.
b. Mengadakan identifikasi, yaitu mengindentifikasikan perubahan organisasi hingga detail dan jelas permasalahannya dan memberikan solusi yang tepat.
c. Menetapkan perubahan, yaitu perubahan yang telah disepakati bersama oleh pimpinan dan anggota-anggotanya.
d. Menentukan strategi, yaitu sautu prosedural yang akan dilaksanakan oleh pimpinan dan anggota-anggotanya agar lebih terkoordinir dalam menjalankan tugas demi mewujudkan tujuan bersama.
e. Melakukan evaluasi, yaitu untuk menilai seberapa besar hasil dari perubahan dari kedua dampat tersebut. Apabila hasil perubahan sesuai dengan yang diharapkan maka berpengaruh postif terhadap organisasi dan bila sebaliknya maka berpengaruh negatif.

Namun ada proses lain dalam melakuakan perubahan organisasi, yaitu :
a. Tekanan dan desakan, yaitu dimulai ketika manajemen puncak mulai merasa adanya kebutuhan atau tekanan akan perubahan. Misalnya adanya perubahan penjualan, penurunan produktivitas dan sebagainya.
b. Intervensi dan Reorientasi, yaitu digunakan untuk merumuskan masalah dan dimulai proses dengan membuat para anggota organisasi memusatkan perhatiannya pada masalah tersebut. Pihak-pihak luar sering digunakan, juga staff internal yang mempunyai dan dipandang ahli serta dapat dipercaya sebagai konsultan atau pengantar perubahan.
c. Diagnosa dan pengenalan masalah, yaitu informasi yang dikumpulkan dan dianalisa mana yang penting dan tidak penting.
d. Penemuan dan pengenalan masalah
Pengantar perubahan mencoba menyelesaikan masalah-masalah yang diketemukan dan masuk akal dengan menghindari “metode-metode lama yang sama”. Bawahan didorong dan diajak untuk berpartisipasi, sehingga mereka lebih terikat pada serangkaian kegiatan.
e. Percobaan dan hasil
Pada tahap keempat diuji dalam program-program yang berskala kecil dan hasilnya dianalisa.
f. Pungutan dan penerimaan
Setelah diuji dan sesuai dengan keinginan, harus diterima secara sukarela dan harus menjadi sumber penguatan dan menimbulkan keterikatan pada perubahan.

3. Ciri-ciri Pengembangan Organisasi
a. Dilakukan secara berencana, upaya pengenalan masalah yang dihadapai organisasi dengan tujuan merubah dan mendesain tindakan-tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan-tujuan.
b. Mencerminkan suatu proses yang berlangsung terus-menerus.
c. Berorientasi masalah organisasi yang harus dipecahkan.
d. Merupakan usaha ke arah penyempurnaan organisasi.
e. Merupakan tanggapan terhadap berbagai perubahan yang terjadi diluar organisasi, dsb.

4. Metode Pengembangan Organisasi
a. Metode pengembangan Org:
o Jaringan manajerial
o Latihan kepekaan
o Pembentukan tim
o Umpan balik Survai

b. Metode Pengembangan Keterampilan & Sikap
o Latihan ditempat kerja
o Latihan instruksi kerja
o Latihan diluar tempat kerja
o Latihan ditempat tiruan
source : http://wachitnh.blogspot.com/2012/12/perubahan-dan-perkembangan-organisasi.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: