ikin12

Menjadi Anggota Karang Taruna

Posted on: Desember 30, 2014

Karang Taruna adalah organisasi kepemudaan di Indonesia. Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa / Kelurahan atau komunitas sosial sederajat, yang terutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial. Sebagai organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada. Sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna berpedoman pada Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga dimana telah pula diatur tentang struktur penggurus dan masa jabatan dimasing-masing wilayah mulai dari Desa / Kelurahan sampai pada tingkat Nasional. Semua ini wujud dari pada regenerasi organisasi demi kelanjutan organisasi serta pembinaan anggota Karang Taruna baik dimasa sekarang maupun masa yang akan datang.

karang Taruna beranggotakan pemuda dan pemudi (dalam AD/ART nya diatur keanggotaannya mulai dari pemuda/i berusia mulai dari 11 – 45 tahun) dan batasan sebagai Pengurus adalah berusia mulai 17 – 35 tahun.

Penulis pernah menjadi anggota karang taruna dan mengurus beberapa kegiatan di RT tempat penulis tinggal. salah satunya adalah menjadi panitia 17 agustusan. persiapan acara dimulai dari seminggu sebelumnya mulai dari membuat proposal sampai pemberian hadiah kepada pemenang lomba. di RT tempat penulis tinggal setiap kali karang taruna membuat acara wajib mengajukan proposal ke ketua RT memang agak ribet tetapi agar keluar masuk uang iuran masyarakat jelas jika tidak maka acara tidak akan diizinkan kata ketua RT ini di maksudkan agar dalam dunia kerja nanti tidak kaget lagi dan juga kejujuran karena di proposal terdapat rincian biaya apa saja mulai dari konsumsi sampai peralatan walaupun mungkin format proposalnya tidak benar ya namanya juga belajar.

Dalam karang taruna kita dilatih agar kita dapat bekerja sama dalam tim dalam persiapan lomba 17 agustusan setiap anggota karang taruna diberi tugas masing-masing agar pekerjaan cepat selesai. kreativitas juga dilatih contohnya dalam lomba 17 agustusan di buat sekreativ mungkin agar menarik minat para masyarakat. Dalam karang taruna kita juga bisa mengambil pengalaman sebagai EO(event organizing) dan juga melatih kepercayaan diri jika menjadi MC

mungkin itu salah satu pengalaman penulis sebagai anggota karang taruna sebenarnya masih ada acara lain yang diselenggarakan selama penulis menjadi anggota karang taruna seperti pengajian acara jalan-jalan. tetapi cukuplah acara 17 agustusan yang penulis ceritakan.

D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: